Membuat Virtual Domain di Localhost dengan Windows XP dan VertrigoServ

21 04 2009

Duh..dah lama juga nih ga posting, soalnya ga sempet ngumpulin bahan yang buat diposting. Eh barusan ada temen nanya gimana ngakses web tapi dari jaringan lokal alias LAN, lha saya kan jadiĀ  kaget nih..wong saya bukan jurusan web..hehehe. Jadi mikir..ni anak nanya apa ngetes..huahaaa..aku kan ga bisa, tapi untung dulu pernah nyasar masuk kuliah Pemrograman internet jadi tak jawab ja tinggal dipanggil IP Adressnya aja. Lha saya kok jadi penasaran bisa ga ya kalo http://localhost/ diganti sama yang lain gitu? http://lazycat.cat misalnya. Bis bosen juga dari dulu ngetik Localhost mulu.

Cari-cari referensi akhirnya ketemu..YESSS!!!! Read the rest of this entry »





Validasi Input Data Menggunakan Regular Expressions di VB

1 04 2009

Udah 2 bulan di kota hujan Bogor…ga kerasa…jd kangen jogja nih…pengen ketemu temen-temen disana…apalagi lagi ada yang ulang lahun nih..wah nyesel banget klo ga dapet jatah traktiran…harus bisa pulang pokoknya…hehehehehe

Ok deh…Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, sekarang kita akan mencoba bagaimana menggunakan regular expressions untuk validasi input data di visual basic 6.0. Kita akan menggunakan regex untuk mengecek apakah input yang kita masukkan benar atau tidak, jika benar maka regex akan menampilkan pesan benar, begitu juga sebaliknya jika salah maka akan ditampilkan pesan salah.

Kode yang kita perlukan untuk membuat validasi input menggunakan regex di VB kira-kira seperti ini: Read the rest of this entry »





Membuat Regex Pattern Untuk E-mail Address

28 03 2009

sebelumnya kita sudah mencoba membuat Regex Pattern untuk Domain Name, nah sekarang gimana caranya membuat Regex Pattern untuk alamat email. Ok langsung saja, email yang saya tahu biasanya formatnya itu adalah sebagai berikut :

emailname@domainname.topleveldomain

contohnya : harry@yahoo.com
Read the rest of this entry »





Membuat Regex Pattern Untuk Domain Name

27 03 2009

Selanjutnya adalah Pattern untuk Domain Name. Emang Domain Name apaan ?

Domain Name itu adalah identifikasi yang unik untuk system komputer di internet, Domain name yang benar memiliki satu atau lebih “subdomain names” dan satu “top level domain name” dan dipisah dengan tanda dot(.)

formatnya : domainnames.topleveldomainnames atau subdomainnames.domainnames.topleveldomainnames

contohnya : wordpress.com atau febryanharipurwanto.wordpress.com
Read the rest of this entry »





Membuat Regex Pattern Untuk IP Address

26 03 2009

Ok temen-temen, sebelumya kita sudah mengenal apa itu Regex (Regular Expressions) dan seperti apa bentuknya, metakarekternya, serta kelas karakternya.. nah sekarang kita akan melanjutkan tentang Regex kemarin yaitu bagaimana caranya membuat Regex Pattern untuk sebuah IP Address pada IPV4.

Lho koq bukan validasi input dengan Regex di VB kaya yang dah dikatakan kemaren..hehehe

Sebelum kesana saya rasa kita perlu memahami lebih dalam terlebih dahulu tentang Regex dan sudah mahir bagaimana cara membuat Regex Pattern, karena jika hal ini sudah bisa maka akan sangat mudah mengaplikasikannya di Visual Basic.

Read the rest of this entry »





Regular Expressions ( Ekspresi Reguler )

24 03 2009

Regular Expressions atau yang sering disebut dengan Regex adalah notasi yang digunakan dalam manipulasi teks dan data, contohnya untuk pada parsing, validasi input, atau pada find and replace text. ( itu yang saya tahu..hehehe)

Ada juga yang bilang bahwa Regex itu adalah suatu notasi fleksibel dan ringkas untuk menemukan dan menggantikan pola teks. Notasi Regex terdiri dari dua jenis karakter dasar, yaitu karakter teks literal (normal) dan metakarakter. Karakter normal menyatakan bahwa teks harus eksis di string target, sedangkan metakarakter menyatakan teks dapat bermacam-macam di string target. Regular expression memungkinkan kita menguraikan sejumlah teks guna menemukan pola karakter spesifik. Selain itu, kitajuga bisa mengganti, memodifikasi, atau menghapus suatu substring dengan cepat dan akurat, sesuai kriteria yang kita inginkan.

Nah sekarang Seperti apas sih Regex itu..

Read the rest of this entry »





IM + Email + Social Networks di Satu Aplikasi dengan Digsby

22 02 2009

digsby1

Bigung dan repot punya banyak email apalagi semuanya aktif dan banyak email masuk dari temen2 atau dari forum atau social network yang diikuti..huuuaaah.. capek sekali klo harus buka satu-satu emailnya.
Kemaren saya juga begitu..harus buka emali saya di yahoo dan google apalagi di google emailnya ada dua..hehehe capeek deeh. Oleh karena itu kemaren iseng2 nyoba yang namanya Digsby.
bisa di download gratis di http://www.digsby.com/
dan ada pilihan download untuk MAC, Windows atau Linux

Read the rest of this entry »