Membuat Regex Pattern Untuk Domain Name

27 03 2009

Selanjutnya adalah Pattern untuk Domain Name. Emang Domain Name apaan ?

Domain Name itu adalah identifikasi yang unik untuk system komputer di internet, Domain name yang benar memiliki satu atau lebih “subdomain names” dan satu “top level domain name” dan dipisah dengan tanda dot(.)

formatnya : domainnames.topleveldomainnames atau subdomainnames.domainnames.topleveldomainnames

contohnya : wordpress.com atau febryanharipurwanto.wordpress.com

Domain name yang valid harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Harus memiliki minimal satu atau lebih subdomain names dan satu top level domain name

2. Di antara domain names harus dipisah olah tanda dot(.) bukan yang lain

3. Domain names harus terdiri hanya alphanumeric characters dan dashes atau tanda min (-) saja, selain itu salah

4. Domain names tidak boleh diawali atau diakhiri oleh tanda dashes (-)

5. Domain names tidak bolehmemiliki lebih dari 63 karakters

6.  Top level domain name harus satu atau nama top-level domain yang telah ada
contohnya com, org, id dll

Nah..sudah tahu kan ketentuan-ketentuannya. Sekarang dengan ketentuan seperti di atas kita bisa membuat Regex Pattern sebagai berikut :

“^(([A-Za-z0-9]+[-]?)+[A-Za-z0-9]+\.)+[A-Za-z]{2,3}$”

Lha kok bisa kaya gitu, nah begini ceritanya:

“^” artinya awal dan “$” artinya akhir, jadi domainname yang valid hanya yang di lingkup “^” dan “$”

([A-Za-z0-9]+[-]?) +artinya harus diawali karakter alphanumeric baru boleh diikuti tanda dashes (-) dan “+” artinya boleh berulang beberapa kali

[A-Za-z0-9]+\. artinya karakter setelahnya harus alphanumeric dan diikuti tanda dot(.)

[A-Za-z]{2,3} adalah top level domain yang hanya terdiri dari karakter huruf dan hanya boleh  2  atau 3 karakter

Ya..begitulah kira-kira penjelasannya, o ya buat temen-temen tolong dikoreksi ya, klo ada yang salah mohon dibenarkan lewat komentar jg ga apa-apa.. soalnya saya juga baru belajar regex nih..hihihihi

Ok, Selamat Mencoba


Actions

Information

2 responses

28 03 2009
yadz

ayo..semangat…regez…regex…dan regex…

24 05 2012
trey

“/^(https?:\/\/)?(([A-Za-z0-9]+[-]?)+[A-Za-z0-9]+\.)+[A-Za-z]{2,3}$/”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: